Perizinan

Standar Pelayanan

(5732 dibaca)

STANDAR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU

NO VARIABLE INDIKATOR TOLOK UKUR
1 JENIS-JENIS PERIZINAN Melayani izin-izin yang menjadi izin utama dalam kegiatan investasi dengan mengacu kepada prinsip-prinsip penyederhanaan jumlah perizinan
  1. Surat Izin Prinsip
  2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  3. Surat Izin Usaha Industri (SIUI)
  4. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  5. Surat Izin Gangguan (H.O)
  6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  7. Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  8. Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)
  9. Surat Izin Mendirikan Rumah Sakit
  10. Surat Izin Mendirikan Laboratorium Swasta
  11. Surat Izin Mendirikan Toko Obat
  12. Surat Izin Mendirikan Apotik
  13. Surat Izin Mendirikan Balai Pengobatan Swasta
  14. Surat Izin Mendirikan klinik Radiologi Swasta
  15. Surat Izin Mendirikan Rumah Sakit Bersalin
  16. Surat Izin Pertambangan Umum
  17. Surat Izin Pembukaan Kantor Perwakilan Perusahaan di sub sektor Minyak dan Gas Bumi
  18. Surat Izin Mendirikan SPBU, Depot Lokal/Pangkalan Minyak Tanah
  19. Surat Izin Pengumpulan dan Penyaluran Pelumas Bekas
  20. Surat Izin Usaha Penunjang Tenaga Listrik
  21. Surat Izin Ketenagalistrikan Untuk Kepentingan Sendiri
  22. Surat Izin Pengambilan Air Bawah Tanah
  23. Surat Izin Pengeboran Air Bawah Tanah
  24. Surat Izin Eksplorasi Air Bawah Tanah
  25. Surat Izin Lokasi
  26. Surat Izin Penetapan Lokasi
  27. Surat Izin Peruntukan Penggunaan Tanah
  28. Surat Izin Pengesahaan Siteplan
  29. Surat Izin Rumah Potong/ Pasar Hewan
  30. Surat Izin Usaha Peternakan
  31. Surat Izin Usaha Jasa Pariwisata
  32. Surat Izin Pengusahaan Obyek Wisata dan Daya tarik Wisata
  33. Surat Izin Penyediaan Akomodasi
  34. Surat Izin Usaha Penyediaan Makanan dan Minuman
  35. Surat Izin Penyediaan Angkutan Wisata
  36. Surat Izin Penyediaan Sarana Wisata Tirta
  37. Surat Izin Pengusahaan Sanggar Kesenian Komersial
  38. Surat Izin Pengusahaan Angkutan
  39. Surat Izin Trayek
  40. Surat Izin Usaha Perikanan
  41. Surat Izin Usaha Pembenihan Udang
  42. Surat Izin Usaha Budidaya Tambak dan Pengelolaan Tempat Penjualan Hasil tambak
  43. Surat Izin Usaha Pengelolaan Hasil Ikan
  44. Surat Izin Penyelenggaraan Reklame
2 DASAR HUKUM
  1. Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2007 tentang Pembentukan Dinas Perizinan Dan Penanaman Modal Kabupaten Indramayu
  2. Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2007 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Perizinan Dan Penanaman Modal Kabupaten Indramayu
  3. Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan pada Dinas Perizinan Dan Penanaman Modal Kabupaten Indramayu
Penyerahan Pengelolaan Perizinan kepada Dinas Perizinan dan Penanaman Modal, dari :
  • Kantor Penanaman Modal Kabupaten Indramayu
  • Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Indramayu
  • Dinas PU Ciota Karya Kabupaten Indramayu
  • Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu
  • Dinas Pertambangan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu
  • Dinas Pertanahan Kabupaten Indramayu
  • Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu
  • Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten indramayu
  • Kantor Perhubungan Kabupaten Indramayu
  • Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu
3 PERSYARATAN Persyaratan Administratif; yaitu dokumen yang digunakan untuk mengetahui identitas pemohon, status legal/atau tidaknya kegiatan usaha dan hak atas tempat usaha yang digunakan. Misalnya seperti JTP, Kartu Keluarga, NPWP, Akta Pendirian Perusahaan/Perubahan AD Badan Hukum dari DEPKEH/atau pengantar dari Notaris ke Mneteri Kehakiman atau bukti transfer pembayaran biaya administratif penyesuaian ke departemen Kehakiman. Persyaratan yang diminta maksimal 5, terdiri dari 3 yang terkait dengan identitas pemohon, 1 pembayaran PBB tahun terakhir, keterangan status kepemilikan tanah.
Persyaratan Teknis; yaitu dokumen yang digunakan untuk menilai aspek teknis yang terkait dengan kegiatan usaha; misalnya : Uraian Garis Besar Proyek, Gambar/Sketsa Tanah, gambar rencana bangunan, gambar situasi bangunan dan site plan, rancangan tata letak instalasi mesin/peralatan dan perlengkapan bangunan industri, surat tidak keberatan dari tetangga, Surat Kesanggupan pembebasan tanah, AMDAL, UKL, dan SPPL, serta surat persetujuan Presiden RI bagi PMA atau dari Kepala BKPM untuk PMDN. Persyaratan yang diminta maksimal hanya yang sesuai dengan kebutuhan teknis dan pengendalian perizinan.
4 JANGKA WAKTU Ketetapan waktu sesuai dengan yang ditetapkan di dalam Peraturab Daerah.
  • Jangka waktu penyelesaian izin maksimal 14 hari sesuai dengan jenis dan karakteristik izin.
  • Untuk perizinan yang memerlukan pembahasan Tim Teknis ditetapkan maksimal 10 hari kerja.
  • Untuk perizinan yang tidak memerlukan pembahasan Tim Teknis ditetapkan maksimal 8 hari kerja.
  • Apabila terjadi penolakan permohonan dalam pemrosesan, pemberitahuan penolakan harus doberitahukan kepada pemohon segera atau pada hari yang sama dengan waktu penolakan diputuskan.
5 BIAYA Ketersediaan Informasi.
  • Tersedia media-media informasi biaya lengkap meliputi semua aspek perhitungan biaya dan cara (rumus) perhitungan.
Tarif.
  • Pemohon mendapatkan nilai tarif sebelum permohonan diproses.
  • Pemohon hanya dikenakan biaya izin resmi sesuai dengan yang ditetapkan oleh Peraturan Daerah.
6 PROSEDUR PERIZINAN Pencairan informasi dan Penerimaan Permohonan.
  • Suasana ruang tunggu yang nyaman, teratur, rapih dan menyediakan ruang publik bagi aktivitas pemohon.
  • Tersedia loket layanan informasi, penerimaan permohonan, penyerahan dokumen dan penerimaan.
  • Tersedia informasi dan dokumen-dokumen tertulis tentang jenis-jenis layanan, persyaratan biaya, waktu penyelesaian dan prosedur pemrosesan izin, dan contoh-contoh persyaratan.
  • Tersedia meja dan alat tulis untuk mengisi permohonan.
  • Tersedia Formulir yang mudah dimengerti, ringkas, jelas dan beserta petunjuk pengisiannya.
  • Tersedia Bukti Penerimaan Dokumen.
  • Tersedia petugas bagian informasi, komunikatif, luwes, rapih, sopan, menarik, simpatik dan sigap dalam melaksanakan tugas siap membantu pemohon dalam mengisi permohonan apabila pemohon memerlukan bantuan.
Pemrosesan Permohonan.
  • Ruang khusus pemrosesan yang memadai termasuk ruang rapat yang terpisah dari ruang pelayanan.
  • Tersedia sistem komunikasi yang efektif antar bagian.
  • Tersedia ketentuan yang jelas dan transparan.
  • Tersedia SDM yang berkompeten di bidang-bidang kerja yang dibutuhkan.
  • Tersedia alat-alat kantor, dan sarana administrasi yang memadai.
  • Tersedia petugas verifikasi berkas yang kompetetn, akuntabel, cermat dan selalu siap di tempat.
  • Pembahasan diikuti oleh aparat yang kompetetn dengan kualifikasi yang dibutuhkan dan berwenang baik dari dalam PPTSP maupun dari SKPD lain/atau Tim Teknis jika diperlukan pertimbangan khusus.
  • Tersedia format izin dan surat yang berlaku baku, dan mudah diakses oleh petugas.
  • Ada petugas khusus dengan kompetensi teknis yang memadai dalam membuat dokumen izin dan mengadministrasikan izin yang telah ditandatangani.
Penandatanganan
  • Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas, Badan, Kantor Perizinan kecuali untuk Izin Lokasi ditandatangani oleh Bupati.
  • Tersedia alat Pengamanan Dokumen.
Pembayaran Biaya Izin
  • Tersedia loket pembayaran atau bank.
  • Tersedia bukti pembayaran.
  • Petugas khusus yang berkompeten melayani dengan ramah dan sopan.
Penyerahan Dokumen Izin
  • tersedia lokep pengambilan.
  • Petugas khusus yang melayani dengan ramah dan sopan.
7 PELAYANAN PENGADUAN Informasi tentang keberadaan loket pengaduan.
  • Ketersediaan Loket Penerima Pengaduan.
  • Brosur, papan informasi tentang prosdur pengaduan.
  • Personil staf pengaduan
Ketersediaan bermacam bentuk media pengaduan.
  • Bertemu staf langsung, korespondensi, kotak pengaduan, atau melalui tetelpon.
Kecepatan Penanganan Pengaduan.
  • Pengaduan ditanggapi selambat-lambatnya 3 hari setelah pengaduan disampaikan oleh pemohon.
8 PETUGAS PELAYANAN Sikap
  • Ramah
  • Peduli
  • Komunikatif
  • Luwes
Penampilan
  • Rapih
  • Sopan
  • Menarik dan simpatik
Kecakapan
  • Sikap dalam melaksanakan tugas
  • Mampu memberikan pelayanan sesuai dengan bidang tugasnya
9 SARANA DAN PRASARANA PELAYANAN Tempat Pelayanan
  • Tersedia ruang tunggu yang nyaman
  • Tempat pelayanan selalu bersih dan tersedia tempat sampah
  • Tersedia bahan bacaan dan televisi
  • Areal parkir memadai
  • Tersedia loket yang bersih
  • Area pelayanan dibedakan dengan area pemrosesan
  • Tempat mudah dijangkau/diakses oleh masyarakat
Tata Letak
  • Penataan tata ruang sesuai dengan alur proses perizinan serta membedakan antara publik area dengan ruang pemrosesan (Back Office)
Ketersediaan display informasi terkait dengan perizinan
  • Informasi tentang jenis-jenis pelayanan, prosedur, biaya, persyaratan dan waktu penyelesaian
  • Brosur-brosur tentang perizinan
  • Stiker petunjuk/himbauan
  • Papan petunjuk
  • Tersedia komputer sebagai media informasi bagi masyarakat
  • Tersedia website perizinan


» Pengaduan

Nama : Anonim





» Siapa Yang Online?

 
Total user 0
Total tamu 35

Welcome to our latest member, ARANISA AISAR

» Shout Box

Anonim
(18 Sep 2014 4:31 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 4:31 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 3:06 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 3:06 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 3:06 PM)
-1'
Anonim
(18 Sep 2014 1:14 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 1:14 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 1:14 PM)
-1'
Anonim
(18 Sep 2014 12:59 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 12:59 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 12:59 PM)
-1'
Anonim
(18 Sep 2014 12:49 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 12:49 PM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 11:59 AM)
1
Anonim
(18 Sep 2014 11:59 AM)
1

» Polling

Bagaimana pendapat saudara ttg kecepatan pelayanan di BPMP Kabupaten Indramayu ?